Thursday, August 30, 2012

Programmer... Oh Programmer...


      Apa yang terlintas pertama kali dalam pikiran kita saat mendengar kata "PROGAMMER"?

       Wah... Kerennn... Luar Biasa... Jago IT... Hack, Crack, Bug lah... Orang Jenius... Banyak Tawaran Job...

      Begitu juga respon teman saat mendengar kesibukan saya yang sedang belajar  IT. Wah... kerennn... Hemmm, sebenarnya biasa saja. Saya juga belum pandai betul. Masih nol besar.

      Faktanya menjadi seorang programmer tak semudah anggapan orang yang mengatakan bahwa menjadi seorang programmer itu mudah, punya banyak uang, dan uangnya datang sendiri. Oh tidak. Uang akan datang kalau seorang programmer sudah bergeriliya dengan rentetan kode-kode angka, huruf, maupun simbol yang saya pun masih belum begitu kenal dengan mereka. Dan jangan tanya sepanjang apa, sebanyak apa. Karena terlalu banyaknya kode beserta kepusingan, kerumitan yang tidak pernah lepas dari mereka. Tidak hanya semalam, dua malam, bahkan bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan malahan untuk bisa memecahkan semua misteri kode-kode itu. Belum lagi, masalah muncul dari laptop yang lola (loading lama), apalagi kalau sampai hang. Hufh. Melelahkan. Tapi, akan sangat membanggakan ketika seorang programmer bisa memecahkan misteri kode-kode itu. Bangga pada diri sendiri, jeripayah telah terbayar.

       Permasalahan berikutnya, seorang programmer biasanya bahkan hampir 100% kemungkinannya bahwa seorang programmer akan kekurangan jatah istirahatnya. Kurang tidur tepatnya. Bagaimana tidak? Saat misteri kode belum terpecahkan, sudah di-call oleh pemesan program "Bagaimana? Programnya sudah jadi?" atau "Programnya bisa kelar kapan?" Pertanyaan itu membuat pikiran semakin galau. Jangan anggap enteng pekerjaan programmer, tinggal ketik-ketik saja ga jadi-jadi. Tidak semudah itu. Programmer akan terus memikirkan kode-kode yang masih belum bisa terpecahkan. Sampai pun saat ia makan, mandi, makanya tidur pun akan sulit.

      Jadi, perhatian bagi Anda yang ingin jadi programmer. Bersiaplah untuk menghadapi hal-hal yang disebut di atas. Ok. Good Luck for you.

       note: seluruh isi dari artikel di atas adalah murni dari asumsi saya berdasar atas apa yang saya lihat, saya rasakan, saya alami, dan yang saya baca. Benar atau salahnya silakan Anda mencarinya sendiri. :) Peace. Trims. ^_^

No comments:

Post a Comment