Friday, January 6, 2012

5 Point Menuju Sehat

       Siapa yang tidak ingin sehat? Tentunya setiap orang mengingnkan tubuhnya sehat. Berikut ini adalah lima hal penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat:

1. Memilih menu makanan sehat
       Banyak orang yang tidak memperhatikan makanan apa yang masuk ke dalam tubuh mereka. Apakah itu menyehatkan atau bahkan membahayakan bagi tubuh mereka. Setiap orang harus jeli mengenai makanan apa yang harus dikonsumsi setiap harinya.

       Di antara makanan sehat adalah makanan yang berserat, mengandung protein dan vitamin, serta rendah lemak jahat/kolesterol. Seperti misalnya sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dll.

       Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, makanan tinggi karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral, rendah lemak, dan bebas dari kolesterol, harus menjadi sebagian besar kalori yang Anda konsumsi. Sisanya harus berasal dari produk susu rendah lemak, daging dan unggas, dan ikan.


2. Rajin olahraga

       Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien.

       Selain mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga berperan penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Jangan membayangkan olahraga adalah sesuatu yang melelahkan. Bagi Anda yang malas atau tidak memiliki waktu yang banyak untuk berolahraga, cukup berjalan kaki kurang lebih 15 menit setiap harinya.


3. Istirahat cukup

       Tubuh manusia telah diatur sedemikian rupa dimana setiap organnya memiliki waktu untuk beristirahat dan pemulihan. Pada saat tidur, semua otot berisfirahat dan sistem saraf kita dibebaskan dari segala ketegangan, kekerasan yang sering terjadi tiap-tiap hari. Inilah saatnya dimana tubuh memperbaiki dirinya.

       Istirahat yang besar membawa pemulihan, dan penambahan kekuatan setelah digunakan. Tidur merupakan faktor penting dalam istirahat, dimana selama tidur semua fungsi-fungsi tubuh diperbaharui lagi. Istirahat tidak hanya mercakup tidur, tetapi juga bersantai, perubahan dalam aktifitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau maasalah-masalah lainnya. Berjalan di udara segar, bermain tenis, menjernihkan pikiran, semuanya dapat menenangkan otot-otot.


4. Berpikir positif dan tersenyum

       Dengan berpikir positif, urat-urat saraf kita menjadi tidak tegang, sehingga pikiran menjadi jernih, mudah memutuskan hal-hal yang penting.

       Bahkan orang yang sakit pun akan sembuh hanya dengan berpikir positif. Jadi, dengan berpikir positif dan senyum, hati menjadi tenang, pikiran menjadi jernih, saraf tidak tegang, dan bekerja akan menjadi lebih semangat.


5. Minum air putih

       Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

No comments:

Post a Comment