Thursday, January 5, 2012

Gigi, Si Kecil yang Perkasa


     Percayakah Anda bahwa gigi kita memiliki potensial kekuatan yang luar biasa???

     Mungkin kita sering melihat iklan pasta gigi. Diiklan tersebut diperlihatkan gigi kuat tidak hancur ketika sebuah benda berat dijatuhkan pada gigi tersebut. Penasaran dengan fenomena ini? Ayo kita simak paparan berikut ini!

      Ternyata dalam ilmu sains, gigi adalah bagian tubuh manusia yang paling kuat jika dibanding dengan bagian tubuh lainnya. Dalam ilmu paleoantropologi yaitu salah satu cabang ilmu budaya dasar yang mempelajari dan meneliti fosil, bagian tubuh manusia yang paling lama dapat bertahan adalah kepala termasuk di dalamnya rahang dan gigi.

      Gigi tertanam dalam gusi yang terpasang kuat pada rahang. Bagian gigi yang berada di luar gusi dilapisi oleh lapisan keras yang disebut email, sedangkan yang terbenam dalam gusi disebut lapisan dentin. Zat pembentuk dentin sebagian besarnya adalah mineral (zat organik). Bagian gigi lainnya adalah email yang merupakan bagian paling keras yang dimiliki tubuh. Dentin dan email tidak memiliki syaraf, sehingga tidak memiliki rasa sakit jika sedang menggigit, menguyah makanan, dan sebagainya.

        Namun meskipun paling keras, email dan dentin mudah sekali rusak oleh sisa makanan yang tertinggal pada permukaan gigi. Sisa makanan atau disebut juga plak, akan mejadi makanan bagi bakteri yang ada di gigi. Bakteri sangat menyukai makanan berupa gula, dan sampah yang dihasilkan berupa asam kuat yang dapat melarutkan email.

        Selain itu terdapat pula unsur penting lainnya yaitu Fluorida. Fluorida  adalah unsur yang berguna bagi pembentukan gigi, bersama dengan kalsium saling memperkuat gigi, terutama pada gigi yang masih
tumbuh. Bagi orang dewasa, Fluorida berfungsi untuk melapisi kembali gigi yang telah terkikis oleh asam dari sisa santapan bakteri. Adanya Fluorida juga dapat mengurangi kerja bakteri yang menyantap sisa makanan pada
gigi.


    Itulah yang menyebabkan gigi menjadi kuat.

No comments:

Post a Comment